Memproyeksikan Industri Restoran di Masa Mendatang

Memproyeksikan Industri Restoran di Masa Mendatang

Smallest Font
Largest Font

Metapasar - Industri konsumen sedang mengalami perubahan dramatis yang kemungkinan akan mempengaruhi pasar, model, dan mekanisme perusahaan secara signifikan dalam satu atau beberapa dekade mendatang. Seiring dengan munculnya tantangan dan peluang, restoran perlu siap untuk berinovasi dan mendorong industri ke depan.

Survei pelanggan restoran untuk laporan tren restoran 2021 yang dilakukan oleh Deloitte menunjukkan, pandemi COVID-19 menciptakan ketidakpastian besar dalam industri konsumen, khususnya Food and Beverages (F&B) dan banyak yang khawatir bahwa terpuruknya industri restoran mungkin tidak akan pernah pulih.

Namun dalam studi restoran terbaru Deloitte, yang dilakukan pada Maret 2023, 55% pelanggan mengatakan bahwa jumlah pelanggan yang memilih untuk makan di tempat, sebenarnya sama atau lebih tinggi daripada sebelum pandemi. Dan mengejutkan, 69% melaporkan bahwa mereka mendapatkan orderan takeaway atau pengiriman dengan frekuensi yang sama atau lebih sering daripada beberapa tahun yang lalu. Jelas, ini berarti bahwa selera konsumen untuk restoran belum hilang.

Secara keseluruhan, tampaknya banyak preferensi yang muncul selama pandemi tetap ada. Dalam survei tahun 2021, dua tema muncul yang sekarang tampaknya sudah mendarah daging. Tren utama adalah kenyamanan, yang tercermin dalam dominasi pesanan pengiriman dan takeaway. Pentingnya pengalaman digital tanpa ribet juga muncul, yang tetap menjadi fitur utama bagi restoran karena preferensi konsumen terhadap saluran digital terus berkembang.

Tahun ini, banyak konsumen menghadapi dilema, di mana mereka ingin terus makan di luar tetapi merasakan tekanan finansial. Restoran harus menemukan cara untuk menyediakan makanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, yang dapat memperkuat pendapatan dan persepsi nilai dari pelanggan.

Ketika ditanya apa yang akan membuat mereka memesan dari restoran lebih sering, jawabannya serupa untuk makan di tempat dan takeaway. Pelanggan menginginkan opsi yang lebih murah dengan promosi dan diskon. Mengingat kekhawatiran ekonomi di masa depan yang diproyeksikan, Deloitte memperkirakan keinginan untuk penghematan biaya ini akan terus tumbuh.

Untuk terus memberikan nilai efektif seiring kebutuhan dan preferensi pelanggan yang berkembang, restoran harus mempertimbangkan untuk menciptakan serangkaian alat yang memungkinkan munculnya peluang, seperti:

- Mesin personalisasi untuk menyediakan kampanye diskon dan pemasaran yang semakin ditargetkan

- Penawaran yang semakin beragam untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah dan niche di pasar yang terus berkembang

- Lebih banyak penawaran khusus untuk meningkatkan penjualan restoran

Dominasi Takeaway

Pengiriman restoran telah melonjak selama 10 tahun terakhir, di mana ini terlihat dalam peningkatan aplikasi pengiriman pihak ketiga dan perubahan perilaku pelanggan selama pandemi. Restoran semakin melayani layanan jenis ini, yang kemudian cenderung mengarah pada ketersediaan ruang makan yang lebih kecil, rak khusus untuk pengambilan, dan jalur layanan terpisah untuk menyiapkan pesanan takeaway.

Untuk mendorong penjualan digital, mereka harus terus berinvestasi dalam pengalaman digital tanpa kendala dan mempertimbangkan untuk melihat ke industri lain seperti maskapai penerbangan dan hotel untuk inspirasi. Hasil riset tersebut juga menemukan bahwa pelanggan umumnya lebih suka memesan melalui aplikasi pihak ketiga. Jadi untuk melindungi penjualan langsung tersebut, restoran harus bekerja untuk membuat kontak orderan langsung mereka sama biaya atau lebih murah daripada opsi pihak ketiga.

Untuk memanfaatkan peningkatan takeaway, banyak restoran mengoperasikan ‘dapur hantu’, yang hanya menawarkan takeaway dan pengiriman. Pada tahun 2023, 50% pelanggan mengatakan mereka akan memesan dari ‘dapur hantu’, sementara 24% merasa tidak peduli. Meskipun ‘dapur hantu’ beroperasi dengan tenaga kerja yang lebih sedikit, mengubah jejak fisik restoran bisa menjadi tantangan dan mahal. Seiring berlanjutnya tren ini, mereka berharap adanya efisiensi yang lebih besar dalam desain restoran.

Apa yang selanjutnya terjadi untuk industri restoran? Seiring dengan munculnya perubahan dan peluang, restoran perlu siap untuk berinovasi dan mendorong industri ke depan. 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Most Viewed