Menilik Industri Hiburan di Irlandia Yang Makin Pesat Dengan Manfaatkan Teknologi

Menilik Industri Hiburan di Irlandia Yang Makin Pesat Dengan Manfaatkan Teknologi

Smallest Font
Largest Font

Para pemimpin industri teknologi hiburan yang berkembang pesat di Irlandia berkumpul di SXSW tahun ini untuk membahas berbagai peluang yang tersedia bagi talenta lokal dan internasional di sektor tersebut.

Selama ini, Irlandia dinilai telah menjadi kekuatan besar di dunia hiburan global, dengan banyak aktor, sutradara, dan talenta media digital pemenang penghargaan berasal dari negara ini. Majalah Variety bahkan menyebut Irlandia sebagai “ibu kota pembuatan film” dalam beberapa tahun terakhir.

Negara ini menjadi rumah bagi nama-nama besar seperti Cillian Murphy, Paul Mescal, dan Saoirse Ronan. Irlandia juga menawarkan lingkungan yang menarik bagi tim produksi karena insentif pajak yang menguntungkan dan biaya produksi yang lebih rendah untuk film-film tertentu.

Dalam panel diskusi mengenai industri hiburan Irlandia awal tahun ini, Katie Holly, produser Irlandia dan direktur pelaksana Blinder Films, berbicara kepada SiliconRepublic.com tentang banyaknya peluang bagi talenta lokal dan produksi global untuk syuting di Irlandia bersama para ‘pendongeng’ yang sedang menciptakan gelombang di dunia internasional.

“Ini adalah saat yang menarik karena Inggris sedang mengalami masa sulit saat ini, dan mereka baru saja memperkenalkan kredit pajak baru yang lebih tinggi untuk film-film independen beranggaran rendah,” kata Holly dalam wawancara di Ireland House yang diselenggarakan oleh Enterprise Ireland di SXSW Austin.

“Mereka adalah tetangga terdekat kita, jadi mungkin ada pertanyaan tentang daya saing, tapi kita beruntung karena pemerintah kita sangat mendukung. Semoga mereka bisa cukup tanggap jika ada dampak apa pun di sana.”

Teknologi adalah inti dari industri hiburan dan media di Irlandia. Menurut laporan PwC yang dirilis pada bulan November, sektor ini diperkirakan akan menambah pendapatan sebesar €1 miliar pada tahun 2027, didorong oleh meningkatnya ketergantungan pada teknologi seluler dan digital.

Laporan tersebut menyatakan bahwa industri hiburan dan media tumbuh dengan tingkat tahunan sebesar 3,62% dan diperkirakan akan mencapai €6,12 miliar pada tahun 2027, dibandingkan dengan €5,12 miliar pada tahun 2022. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh peningkatan akses internet dan pertumbuhan signifikan dalam periklanan seluler dan langganan video-on-demand.

Dengan pesatnya pertumbuhan industri ini, teknologi terkait seperti animasi dan pengalaman mendalam melalui Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) juga berkembang.

Salah satu perusahaan teknologi AR yang berbasis di Dublin, Imvizar, yang dipimpin oleh salah satu pendiri dan CEO Michael Guerin, juga berpartisipasi dalam salah satu panel di Ireland House pada bulan Maret. Imvizar, yang pernah dinobatkan sebagai Start-up of the Week oleh SiliconRepublic.com, ingin mengubah cara kita bercerita dan menjadi "Netflix-nya AR".

“Kami mempermudah siapa pun untuk membuat dan berbagi cerita spasial melalui alat dan platform tanpa kode kami,” kata Guerin, pakar proyek realitas luas dan kota pintar, dalam wawancara pada bulan Februari.

“Misi kami adalah memperdalam hubungan antara manusia dan tempat. Baik itu tempat wisata yang ramai, taman publik yang tenang, atau kantor teknologi yang sibuk, kami bertujuan untuk membuat setiap kunjungan tak terlupakan melalui penceritaan yang mendalam. Keberadaan Imvizar diharapkan mampu menyediakan narasi dari halaman ke lingkungan sekitar Anda, mengubah lokasi menjadi panggung interaktif untuk cerita.”

Rekan Guerin, Rafael Pages, salah satu pendiri dan CEO Vologram, juga berbicara dalam panel tentang pertumbuhan penyampaian cerita yang imersif di Irlandia dan banyaknya peluang yang tersedia. Volograms yang berbasis di Dublin adalah Start-up of the Week lainnya yang berusaha membuat konten AR dan VR tersedia bagi siapa saja yang memiliki ponsel cerdas.

Awal tahun ini, perusahaan teknologi hiburan Xavatar yang berbasis di Kerry berhasil mendapatkan kesepakatan untuk menyiarkan acara animasi CGI mereka, yang dipandu oleh bintang film dan televisi Irlandia Colin O'Donoghue, secara langsung dari metaverse ke jutaan layar TV di seluruh AS.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Most Viewed