BRI Peringkat 1 Perusahaan Keuangan di Indonesia dan 4 se-Asia Tenggara

BRI Peringkat 1 Perusahaan Keuangan di Indonesia dan 4 se-Asia Tenggara

Smallest Font
Largest Font

Metapasar - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk pertama kalinya menempati posisi teratas di sektor perbankan dan keuangan Indonesia dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 yang dirilis oleh majalah ekonomi global, Fortune, pada Selasa (18/6). Dalam daftar tersebut, BRI juga berada di peringkat keempat untuk kategori keuangan di Asia Tenggara dan secara keseluruhan menempati posisi ke-15 dari 500 perusahaan yang tercantum.

Sunarso selaku Direktur Utama BRI, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan pengakuan internasional terhadap strategi dan langkah BRI dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global dan era suku bunga tinggi.

"Hal ini terbukti menjadi dasar bagi pencapaian kinerja positif BRI yang memimpin industri perbankan di Indonesia," ujar Sunarso.

Selain itu, Forbes juga telah menobatkan BRI sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dalam Forbes The Global 2000 tahun ini.

Fortune Southeast Asia 500 mengurutkan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara berdasarkan pendapatan, keuntungan, dan aset. Menurut situs Fortune, BRI mencatatkan pendapatan sebesar US$14,9 miliar, keuntungan sebesar US$3,9 miliar, dan aset senilai US$127,6 miliar. Pemeringkatan Fortune mencakup perusahaan dari tujuh negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja. Indonesia mendominasi dengan 110 perusahaan, diikuti Thailand dengan 107 perusahaan, dan Malaysia dengan 89 perusahaan.

Clay Chandler, Editor Eksekutif Fortune Asia, mengatakan bahwa Fortune Southeast Asia 500 mencerminkan wilayah Asia Tenggara yang dinamis dan cepat berubah, dengan perekonomian utama yang tumbuh lebih cepat dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat.

"Hal ini sebagian besar disebabkan oleh peran Asia Tenggara yang semakin penting dalam perekonomian global, salah satunya karena banyak perusahaan multinasional Global 500 yang telah mengalihkan lebih banyak rantai pasokan mereka ke negara-negara Asia Tenggara," ujar Clay, seperti mengutip dari CNN Indonesia.

Market Leader dan Best Service

Bulan lalu, BRI juga meraih penghargaan dalam Euromoney Trade Finance Award 2024 untuk kategori Market Leader dan Best Service di antara seluruh penyedia jasa layanan keuangan di Indonesia (domestik).

Sebagai peringkat pertama di antara perusahaan lainnya, BRI menjadi satu-satunya bank nasional yang menduduki posisi tertinggi dalam kategori Best Service-Best Domestic, Best Service-Overall, dan Market Leader di Indonesia. Euromoney melakukan survei dan menganalisis respons dari ribuan nasabah untuk memberikan peringkat kepada perbankan dan penyedia jasa layanan keuangan dalam berbagai kategori di tingkat global, regional, dan domestik.

Agus Noorsanto, Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan internasional terhadap layanan BRI.

"Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada BRI. Prestasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan layanan terbaik, termasuk dalam layanan trade finance," katanya dalam keterangan tertulis.

Agus menambahkan bahwa BRI terus berinovasi melalui berbagai layanan, seperti Integrated Corporate Solution Platform yaitu QLola by BRI, yang memudahkan nasabah dalam mengakses berbagai produk dan layanan Wholesale BRI dengan sekali login (Single Sign On Access). Selain itu, QLola by BRI juga mempermudah layanan transaksi Cash Management, Trade Finance, Guarantee, Supply Chain Management, Foreign Exchange, Investment Service, Financial Dashboard, dan lainnya.

Dalam proses digitalisasi layanan wholesale, BRI tidak hanya mendigitalisasi area cash management, tetapi juga memberikan solusi digital untuk layanan trade finance dan guarantee. Misalnya, Digital Trade Finance memudahkan nasabah dalam penerbitan instrumen transaksi perdagangan domestik dan internasional berupa letter of credit dan SKBDN secara online.

Untuk kebutuhan pengelolaan, penagihan, dan pembayaran invoice korporasi dalam lingkup Supply Chain Management, seluruh proses kini dapat dilakukan secara online dan terintegrasi dengan sistem operasional nasabah. Selain itu, layanan Digital Guarantee (Digital BG) mendukung bisnis nasabah dalam penerbitan dan pemantauan bank garansi secara online.

Melalui dukungan platform QLola by BRI, BRI selalu berupaya memberikan efisiensi dan fleksibilitas kepada nasabah untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja secara aman dan nyaman.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Most Viewed