NextDev Summit 2024 Telkomsel, Aifarm Raih Penghargaan Startup Terbaik

NextDev Summit 2024 Telkomsel, Aifarm Raih Penghargaan Startup Terbaik

Smallest Font
Largest Font

Sebagai bagian dari langkah akselerasi transformasi digital serta mendukung tumbuhnya ekosistem startup di Indonesia, Telkomsel mengadakan gelaran bertajuk NextDev Summit 2024 pada Selasa (14/5) di Jakarta.

Acara tersebut mengusung tema ‘Embracing Tech for Sustainable Impacts’ dan juga sebagai ajang penganugerahan Best of The Best NextDev Startup 2024. 

Saiki H Bramono selaku Vice President Corporate Communications & Social Responsibility dari Telkomsel memaparkan bahwa acara ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk para startup enthusiast, agar bisa serentak dan bersama-sama memberikan inspirasi dalam mendorong kemajuan ekosistem inovasi solusi digital dengan dampak positif dan berkelanjutan. 

“Inspirasi berasal dari semangat bangsa Indonesia untuk tetap terus bergerak maju. Telkomsel pun senantiasa berupaya menciptakan dampak sosial lewat pemberdayaan masyarakat dengan proses bisnis secara berkelanjutan serta selaras dengan penerapan prinsip Environmental Social and Governance (ESG),” tutur Saiki seperti mengutip dari CNN Indonesia.

NextDev Summit 2024 juga bisa dibilang sebagai langkah manifestasi atas komitmen Telkomsel dalam mendukung perkembangan startup pada tahap awal, termasuk ekosistem yang dimiliki secara inklusif dan berkelanjutan. 

Di NextDev Summit 2024 ini, para peserta bisa memamerkan inovasi mereka, bergabung dalam sesi konferensi dan juga mendapatkan lebih banyak peluang dalam membangun jaringan baru. Dengan demikian, kontribusi pemanfaatan teknologi mutakhir akan bisa didorong lebih jauh, yang dampaknya akan dirasa signifikan terhadap kemajuan bangsa. 

Selain itu, ada juga kegiatan saling berbagai pengalaman pengembangan bisnis startup, yang melibatkan pakar terkemuka serta alumni gelaran NextDev Summit sebelumnya. Kegiatan ini dikelompokkan dalam sesi seminar serta diskusi bernama ‘Inspiring Expert’ dan ‘NextDev Talks’.

Kemudian ada juga NextDev Reunion, yakni acara berjejaring untuk para startup dan investor dalam bentuk Business Matching dan Power Lunch. Rangkain acara lainnya pun ada seperti Demo Day, Top 4 Pitching NextDev 2024 serta Winner Announcement. 

Sebagai informasi, NextDev Summit 2024 adalah titik puncak dari serangkaian kegiatan Impact Startup Incubator NextDev, di mana ini mencakup proses pencarian talenta, program inkubasi serta Final Pitching dari NextDev Summit. 

Startup Terbaik

Untuk acara nominasi startup terbaik, terdapat 9 finalis yang telah ditetapkan NextDev Summit sebelumnya, di mana mereka sudah lolos serangkaian sesi inkubasi yang terbagi dalam 4 kategori. 

Pertama adalah kategori Digital Lifestyle dengan nominasinya antara lain SLAB Games, Ikan Asin Production dan Dulang. Kemudian kategori Commerce Enablement ada Smartcoop dan Carinih. Untuk kategori Emerging Technologies ada CARDS by Cazh dan Watercoin. Terakhir kategori Digital Food Ecosystem ada Aifarm dan Akar. 

Dari sembilan nominasi tersebut, Aifarm terpilih sebagai pemenang dalam tahap Final Pitching dan berhasil meraih gelar Best of The Best NextDev Startup 2024. 

Aifarm sendiri merupakan sebuah startup yang memiliki misi untuk meningkatkan pertumbuhan serta efektivitas di sektor peternakan kambing perah. Oleh para juri, Aifarm dinilai mampu mengalami perkembangan serta pencapaian paling baik sepanjang periode program NextDev Summit diadakan.

Di peringkat kedua yakni Smartcoop yang menghadirkan solusi software terlengkap untuk pengelolaan bisnis koperasi secara profesional. Itu mulai dari kegiatan pencatatan sampai dengan pembuatan laporan keuangan. 

Melalui NextDev Summit, Telkomsel menegaskan bakal terus berkomitmen dalam mendukung perkembangan startup yang ada di Tanah Air. Juga menyatakan komitmennya untuk konsisten dalam menyediakan bantuan serta pendampingan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

“Misalnya saja seperti lewat pendampingan bisnis, peningkatan kemampuan dan juga peluang untuk bisa berkolaborasi bersama ekosistem digital Telkomsel,” pungkasnya. 

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Most Viewed